Saturday, August 22, 2015

FAKTA UNIK AL-QUR’AN



Senin, 5 Mei 2014
1.      Seperti yang kita ketahui, bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) akan punah sekitar tahun 2025-an. Di saat genting seperti ini, Al-Qur’an telah menyediakan alternatif bagi BBM masa depan kita. Allah SWT berfirman :
اَلَّذِى جَعَلَلَكُمْ مِنَ الشَّجَرِ الْأَحْضَرِ نَارًا فَإِذَا أَنْتُمْ مِنْهُ تُوْقِدُوْنَ {يس : ٨٠}
“Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka seketika iti kamu nyalakan (api) dari kayu itu." (Yasin : 80)

Kalimat “مِنَ الشَّجَرِ الْأَحْضَرِ نَارًا” bermaksud “daun hijau yang menjadi api”. Belakangan diketahui nama daun tersebut adalah daun atsiri. Daun tersebut bisa diolah menjadi BBM dan berfungsi sebagaimana BBM lainnya. Maka dari itu, marilah kita menanam pohon atsiri untuk kelangsungan BBM kita di masa depan.

2.      Akomodasi terpenting zaman sekarang adalah pesawat. Yap, dengan kendaraan tersebutkita bisa bepergian lintas provinsi, negara, bahkan benua dengan waktu yang sangat singkat. Ingat, sebelum Wright bersaudara menemukan pesawat, Al-Qur’an telah membeberkannya. Allah berfirman :

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لاَ تَنْفُذُوْنَ إِلاَّ بِسُلْطَانٍ {الرحمن : ٣٣}
“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah).” (Ar Rahman : 33)

Yang dimaksud dari kata “بِسُلْطَانٍ” adalah alat atau mesin yang menghasilkan kekuatan sehingga bisa mengudara. Sekarang lebih dikenal dengan pesawat. Jadi Allah telah memaparkan tentang kedirgantaraan sejak sekitar 700 masehi yang lalu.

3.      Televisi. Suatu kata yang sudah sangat ramah di telinga kita. Benda yang bisa membuat gambar bergerak tersebut sudah menjangkiti mulai kalangan bawah hingga kalangan atas. Ya, dengan televise kita bisa melihat dunia luar dalam bentuk visual yang riil, bukan lagi tulisan atau suara saja, melainkan gabungan dari semuanya. Tahukah kamu? Televisi juga sudah dicantumkan dalam salah satu ayat Al-Qur’an. Allah berfirman :

لَقَدْ كُنْتَ فِى غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا فَكَشَفْنَا عَنْكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيْدٌ {ق : ٢٢}
“Sungguh kamu dahulu lali tentang (peristiwa) ini, maka kami singkapkan tutup (yang menutupi) matamu, sehingga penglihatanmu hari ini sangat tajam.” {Qaf : 22}

Maksud dari ayat ini adalah Allah akan mempertontonkan peristiwa-peristiwa yang telah manusia lakukan di bumi. Dari ayat ini kita bisa mengumpamakan dengan televise yang juga memperlihatkan peristiwa-peristiwa hasil karya manusia. (v28)

Created by abyanptyqm28.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment