Monday, August 5, 2013

Memberi Aba-aba dalam Bahasa Inggris

Memberi Aba-aba dalam Bahasa Inggris

Aba-aba yang biasa diberikan dalam formasi barisan di negara kita bukan cuma berlaku di dunia militer, tetapi juga diadopsi di dunia sipil. Bahkan di dunia sipil diberlakukan juga apel – sesuatu yang amat unik dan mungkin satu-satunya yang ada di dunia. Aba-aba militer dalam bahasa Inggris dinamakan drill commands dan memang terdapat beberapa perbedaan kecil antara militer Amerika, Inggris ataupun Canada. Karena sifat command yang khusus ini mungkin menarik untuk kita ketahui cara mereka memimpin pasukan.
Inilah daftar beberapa aba-aba dalam bahasa Inggris :

  • Siap, gerak ! - Attention !
  • Istirahat di tempat, gerak ! – At ease !
  • Lencang kanan, gerak ! – Dress right, dress !
  • Hadap kanan, gerak ! – Right face !
  • Hadap kiri, gerak ! – Left face !
  • Balik kanan, gerak ! – About face !
  • Maju, jalan ! – Forward, march !
  • Henti, gerak ! – Halt !
  • Buka barisan, jalan ! – Open rank, march !
  • Tutup barisan, jalan ! – close rank, march !
  • Hormat, gerak ! - Present arm !
  • Tegak, gerak ! – Order arm !

Di dalam bahasa Inggris ‘apel’ disebut dengan roll call di Amerika atau register di Inggris yaitu kegiatan untuk mengecek jumlah pasukan yang ada dan apabila ada yang sakit disebutnya dengan sick call. Berbicara mengenai seragam militer (uniform) pada umumnya pada bahu kiri dan kanan seragam itu terdapat ‘lidah’ untuk menyelipkan tanda pangkat yang dinamakan shoulder strap atau passant, sedangkan ‘tanda pangkat’ yang diselipkan ke dalam passant ini dinamakan shoulder mark, shoulder loop atau slip on. Seragam ini ada juga yang digunakan untuk di daerah operasi yang di negara kita dinamakan PDL (Pakaian Dinas Lapangan) dan diberi istilah Battle Dress Uniform (BDU) dalam bahasa Inggris. Tentu corak dan warna dari BDU ini disesuaikan dengan daerah di mana pasukan ini akan beroperasi. Kalau mereka bertugas di wilayah yang banyak hutan maka dipakai BDU corak woodland (loreng hijau dan coklat) sedangkan apabila bertugas di wilayah padang pasir (seperti pada operasi ‘Desert Storm’) maka digunakan BDU dengan corak chocolate chips.
Prajurit di semua negara dibedakan antara golongan perwira dan non perwira. Untuk golongan perwira dinamakan officer, sedangkan untuk golongan kepangkatan ‘bintara dan tamtama’ disebutnya non-commissioned officer (NCO). Officer atau kadangkala diterjemahkan opsir ini dimulai dari pangkat letnan (lieutenant) sampai jenderal (general), sedangkan untuk NCO dimulai dari prajurit dua ( second private), kopral (corporal) sampai pada sersan (sergeant).
Di dunia militer ada peraturan yang mengatur mengenai ijin berlibur atau meninggalkan tempat. Mereka yang mangkir (berarti tanpa ijin) dinamakan AWOL (Absent Without Leave), sedangkan bila meninggalkan tugas di daerah operasi biasanya dinamakan desertion dan mempunyai sanksi yang berat sampai dipecat dari dinas militer (dishonorable discharge).

* Ilustrasi wikipedia.com

0 comments:

Post a Comment